Menengok Hari Perdana Sekolah TA 2018/ 2019 di Tanjung Redeb - Berau
12/07/2018 Berita

Tanjung Redeb - Berau - Dinas Pendidikan. Di hari Selasa tanggal 12 Juli 2018 ada hal rutin yang kita saksikan tiap tahun namun seperti cerita yang tak pernah bosannya kita tuturkan dalam berbagai kesempatan.Ya, hari ini adalah hari pertama masuk sekolah terutama tingkat SD dan SLTP di Kabupaten Berau.

 

Mulai sejak kurang dari pukul 07:00, ada hal yang akan sering kita temui di bulan Juli setiap tahunnya, seperti sudah penuhnya bahu jalan di depan setiap sekolah dengan kendaraan roda 2 maupun 4. Itulah kendaraan orang tua yang menghiasi pemandangan pagi di kota Tanjung Redeb, mereka sangat antusias mengantar anak mereka ke sekolah pilihan mereka, dan sepertinya antusiasme itu menular ke putra-putri kesayangan mereka.

Hingga 2 sampai 3 hari ke depan, para peserta didik baru ini diwajibkan mengikuti program pengenalan lingkungan sekolah dengan tujuan agar siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Seperti di SDN 002 Tanjung Redeb Jl. Mangga I, para peserta didik baru akan diperkenalkan dengan suasan kelas tempat belajar, kantin sekolah, WC dan semua wilayah tempat mereka bersosialiasi di lingkungan sekolah.

Pemandangan yang serupa hampir sama kita dapati pada sekolah-sekolah lain. Para kepala sekolah maupun panitia sangat bersemangat menyambut calon penerus bangsa ini, mereka-pun memberikan motivasi ataupun pengarahan baik kepada siswa lama maupun siswa baru. Hal ini selain untuk tetap menjaga semangat belajar, tentunya diharapkan apat menyampaikan hal-hal yang mungkin baru dilaksanakan di tahun ajaran ini.

Hal yang menarik lainnya adalah, para orang tua yang ikut "berperan serta" dalam mendampingi anaknya, tak sedikit anak-anak yang enggan ditinggal oleh orang tuanya, sehingga terkesan orang tuanya pun ikut bersekolah. Dan hal ini adalah hal yang lumrah kita temui, namun sesuai edaran KEMENDIKBUD RI No 4 Tahun 2016, bahwa orang tua sangat dianjurkan untuk mengantar anaknya ke sekolah di hari pertama, tujuannya tentu agar orang tua juga mengetahui lebih jauh tentang lingkungan sekolah tempat anak mereka dititipkan untuk menuntut ilmu.

Hari pertama masuk sekolah ini juga dimanfaatkan oleh sekolah untuk saling bermaafan baik antar guru, orang tua/ wali murid hingga ke peserta didik karena masih terasa momen lebaran Idul Fitri dan merekapun baru saja melewati liburan panjang sekolah.

Secara umum, di Kabupaten Berau hari efektif belajar akan dimulai pada hari Senin tanggal 16 Juli 2018. Tentunya mari kita berdoa, semoga anak-anak kita bisa menjadi generasi penerus yang dapat membangun negeri.