Tak Ada Lagi MOS, Beginilah Suasana Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
18/07/2018 Berita

Dinas Pendidikan Berau, Setiap memasuki tahun ajaran baru, biasanya hal-hal yang unik bahkan aneh menjadi pemandangan rutin. Hal ini dikarenakan adanya masa orientasi siswa atau dikenal dengan MOS. Namun tahun ajaran 2018/2019 ini hal tersebut tidak boleh lagi dilaksanakan dan berubah menjadi PLS atau Pengenalan Lingkungan Sekolah yang dinilai lebih mendidik.

Dinas Pendidikan Berau - Pengenalan Lingkungan Sekolah

Infografis Pengenalan Lingkungan Sekolah

Hal tersebut didasari oleh Surat Edaran Direktorat Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pengenala Lingkungan Sekolah, dimana ada beberapa hal teknis yang memang berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan siswa baru tahun-tahun sebelumnya. Seperti misalnya katerlibatan guru dan kepala sekolah yang langsung pada pelaksanaan yang biasanya dilakukan oleh senior kelas yang membentuk panitia. Selain itu juga siswa diwajibkan menggunakan seragam sekolah sesuai dengan yang dipakai dalam proses belajar siswa, sehingga tidak diperkenankan lagi memakai atribut di luar kebiasaan.

Tak akan ada lagi perintah-perintah yang aneh dari senior kakak kelas mereka yang ada hanyalah pengenalan lingkungan fisik dan sosial sekolah  agar mereka memahami suasana baru yang mungkin berbeda dengan jenjang sekolah sebelumnya. Dimana mereka bertemu dengan orang-orang baru, tantangan yang baru dan juga kebiasaan yang baru. Hal ini lah yang sekolah harapkan dari peserta didik baru.

Dinas Pendidikan Berau - Acara Pengenalan Lingkungan Sekolah

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Berau 

Tahun ini-pun agak berbeda bagi jenjang SMP di Kabupaten Berau, karena hari pertama masuk sekolah terutama siswa baru di warnai dengan upacara bersama seluruh SMP di wilayah Tanjung Redeb yang dikonsentrasikan di lapangan olah raga SMPN 3 Tanjung Redeb. Acara yang diisi oleh sambutan oleh kepala dinas pendidikan Kabupaten Berau ini adalah pertama kali dilaksanakan. Harapannya semua peserta didik baru dan guru mendengarkan langsung bersama-sama kebijakan hal-hal yang terkait pendidikan.

Sesuai dengan tahun sebelumnya, yaitu tentang peran orang tua siswa agar pada saat hari pertama masuk sekolah, mereka menemani anaknya sampai ke dalam sekolah agar melihat langsung suasana di dalam sekolah hingga mengenal semua guru dan unsur sekolah termasuk program dan kebijakan sekolah. Namun sayangnya banyak  orang tua siswa yang tampaknya tidak hadir di hari pertama masuk sekolah ini. Semoga kesadaran kemajuan pendidikan akan semakin mengingkat ke depannya dengan terwujudnya kerjasama yang harmonis antara pemerinta, masyarakat serta dunia usaha dan dunia industri.

ig: @hermanberau