Manfaatkan Dana BOS, SDN 002 Tanjung Redeb Menambah Fasilitas Untuk Keamanan Peserta Didik
05/11/2018 Berita

Sebagai sekolah yang berada di jalan utama yang dilewati banyak kendaraan, SDN 002 Tanjung Redeb harus menjaga keamanan bagi siswa maupun pengantar/ penjemput.

Untuk itu kepala SDN 002 Tanjung Redeb, Sutimin S.Pd. memanfaatkan dana BOS pusat untuk mengadakan alat pendukung keamanan jalan raya seperti cone yang diletakkan di area penyebarangan. Hal ini sangat positif mengingat padatnya kendaraan yang melalui sekolah yang dulu bernama SDN 001 Tanjung Redeb ini.

Walaupun sudah menjadi zona selamat sekolah yang ditandai dengan jalanan yang berwarna merah, namun sangat disayangkan masih banyak pengguna jalan yang memacu laju kendaraan bermotornya melebihi aturan yang telah ditetapkan. Padahal Zona Selamat Sekolah ini memiliki Dasar hukum  melalui Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor SK.1304/AJ.403/DJPD/2014 tentang Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Lewat cara ini harapannya meningkatkan perhatian pengemudi terhadap penurunan kecepatan, dan memberikan rasa aman buat para murid yang akan menyeberang di jalan yang mengatur kecepatan kendaraan yang melintas dan memberikan kesempatan bagi penyebrang jalan dalam hal ini adalah  siswa.

 

Dalam zona selamat sekolah ini, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah rambu lalu lintas yang biasanya berupa batas kecepatan maksimal, zebra cross/ penyebrangan jalan, larangan parkir dan tanda lainnya yang mendukung keamanan anak sekolah dimana pelanggaran terhadap rambu tersebut telah diatur dalam undang-undang lalu lintas.

 

Untuk itu penambahan tanda berupa cone berwarna jingga oleh fihak sekolah diharapkan dapat menjadi tambahan rambu agar pengguna kendaraan bermotor lebih memperhatikan lagi keselamatan pengguna jalan di jalur tersebut yang didominasi oleh anak-anak sekolah. Selain itu fihak sekolah juga melengkapi fihak security dengan rompi khusus dan tongkat lalu lintas.

 

#HORANGAITIH