Tak Perlu Legalisir! Cukup Lampirkan KK Asli Saat PPDB
17/06/2019 Berita

Penuhnya antrian di dinas kependudukan dan catatatan sipil berau di Jl. Mangga 2, Tanjung Redeb yang dikarenakan banyaknya masyarakat yang ingin melegalisir foto kopi kartu keluarga membuat Bapak Drs. Jumairi, M.Pd. selaku pejabat teknis penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pembelajaran 2019/ 2020 di Kabupaten Berau angkat bicara.

"Tidak perlu melampirkan foto kopi kartu keluarga yang sudah dilegalisir oleh disduk capil, cukup foto kopi yang dilampirkan kartu keluarga yang asli"

Demikiian arahan dari bapak yang juga merupakan kepala seksi kesiswaan dan kreatfitas bidang pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Berau. Beliau juga sudah menginstruksikan semua pihak yang terkait dengan PPDB di wilayah kabupaten Berau meliputi kepala sekolah dan juga panitia PPDB. Dengan demikian maka tak perlu lagi untuk mengantri ke dinas kependudukan dan catatan sipil untuk melakukan legalisir kartu keluarga ataupun dokumen lain yang terkait dengan penerimaan peserta didik baru tahun pembelajaran 2019/ 2020.

Legalisir Dokumen Tetap Diperlukan

Kebijakan ini dikeluarkan agar calon peserta didik tidak terlambat dalam mendaftar ke sekolah tujuan dikarenakan mengantri di disdukcapil. Tapi dokumen seperti fotokopi KK dan akta kelahiran ataupun dokumen yang dilegalisir tetap diperlukan untuk keperluan pendataan ulang bagi peserta didik yang diterima di sekolah yang dituju. Mengingat pada saat diterima di sekolah, maka data siswa yang valid perlu dimasukkan lagi oleh operator sekolah yang datanya akan disingkron secara nasional. Karenanya, bagi calon peserta yang sudah melegalisir dokumennya tak akan direpotkan lagi di kemudian hari apabila sudah diterima.

Sejak diterapkannya PPDB berbasis zonasi, tempat tinggal siswa menjadi acuan utama diterima tidaknya caon siswa tersebut di sekolah yang dituju. Sebagai bahan pembuktian bahwa calon peserta didik memang tinggal di suatu wilayah, maka dinas pendidikan kabupaten Berau mempersyaratkan kartu keluarga sebagai dokumen pendukung dalam berkas pendaftaran PPDB TA 2019/ 2020 ini.

Baca : Penerimaan Peserta Didik Baru, Berau Menerapkan Sistem Zonasi

Selain memperhitungkan kedekatan lokasi tempat tinggal siswa, PPDB TA 2019/ 2020 ini juga dapat diikuti oleh calon peserta didik melalui jalur lain seperti jalur prestasi, jalur kepindahan orang tua/ wali siswa dan juga jalur keluarga pra sejehatera. Yang perlu dicermati adalah calon peserta didik hanya boleh melalui 1 pilihan jalur saja. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke panitia di sekolah-sekolah, dan dalam hal ini dinas pendidikan Kabupaten Berau menerima unit pengaduan baik melalui laman / website, FB Page ataupun datang langsung ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Berau yang beralamat di Jl. Murjani I, Tanjung Redeb.

 

Tanjung Redeb - Disdik Berau - HJ