Tingkatkan Kemampuan Kepala Sekolah dan Bendahara, Disdik Adakan Bimtek BOSNAS
05/08/2019 Berita

Dengan semakin tingginya tuntutan laporan yang akuntable dan transparan kepada seluruh penyelenggara pemerintahan termasuk bidang pendidikan hingga ke sekolah-sekolah, diperlukan pembinaan dalam teknis pelaporan keuangan.

Karenanya Dinas Pendidikan Kabupaten Berau menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Kalimantan Timur untuk mendampingi bimbingan teknis kepada kepala sekolah dan bedahara sekolah agar dapat membuat laporan pertanggung jawaban keuangan yang berasal dari dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) yang sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juli s.d. 1 Agustus 2019 ini dilaksanakan di Aula Pertemuan STIEM Tanjung Redeb. Dihadiri oleh seluruh kepala sekolah dan bendahara bos pusat baik jenjang SD maupun SMP negeri se-Kabupaten Berau, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengatasi masalah laporan keuangan dan BOS pusat di setiap sekolah penyelenggara pendidikan yang mendapatkan bantuan keuangan dari pusat yang dihitung berdasarkan jumlah siswa masing-masing sekolah.

Dalam laporannya, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Berau Drs. Murjani, M.Si, menyampaikan bahwa dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan tahun ini, masih ditemukan beberapa temuan terkait laporan BOS Pusat seperti keterlambatan laporan keuangan, penata usahaan keuangan yang belum memadai,  dan hal-hal lain yang butuh penangangan serius. Karenanya beliau sangat berharap agar kegiatan ini dapat menuntaskan masalah tersebut disamping hal lain yang terkadang luput dari pengamatan pelaksanaan di sekolah.

Pelaporan tahun ini menjadi semakin tertata rapi dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan aplikasi yang telah disiapkan oleh BPKP Provinsi Kalimantan Timur. Dengan adanya aplikasi ini maka tentunya sekolah harus mempersiapkan keahlian penggunaan perangkat komputer/ laptop yang menjadi keahlian yang memang harus dimiliki di era belakangan ini.

Secara resmi, acara ini dibuka oleh Bupati Berau Bapak H. Muharram S.Pd,. MM, yang bersamaan dengan launching keaiatan penambahan intensitas membaca kitab suci sesuai dengan agama yang dianut oleh masing-masing peserta didik. 

BACA : PERTAMA DI KALTIM - LAUNCHING PENAMBAHAN MEMBACA KITAB SUCI PELAJAR BERAU

 

Tanjung Redeb - Disdik News - HJ